SLIDER

3 helai uban untuk disyukuri

Kemarin, satu helai lagi uban menyembul di kepala bagian depan. Kali ini di bagian kanan. Beberapa waktu lalu ketika melihat helai demi helai rambut saya mulai memutih, saya sudah berpikiran untuk menuliskan sebuah refleksi. Hari ini, saya memutuskan untuk mengeksekusinya; menulis kekhawatiran saya tentang fakta penuaan ini.

Photo by Abdiel Ibarra on Unsplash

Ketika pertama kali menemukan uban di rambut, saya merasakan 'sesuatu' yang sulit saya jelaskan. Rasanya berbeda dengan ketika stretchmark di perut makin melebar dan tidak bisa diselamatkan. Pun berbeda juga ketika merasakan tiap persendian memainkan iramanya setiap shalat. Ada perasaan takut yang 'aneh' ketika melihatnya. Dan saya sempat bertanya-tanya, apakah ini juga yang dirasakan orang-orang ketika pertama kali melihat uban di kepalanya?

Yang muncul dalam pikiran saya tentang perasaan aneh ini adalah mungkin karena uban memiliki kisah sendiri dalam sejarah kehidupan Rasulullah ﷺ. Maka di postingan ini, saya ingin mencoba mengumpulkan dalil-dalil yang berkaitan dengan uban ini sebagai pengingat diri.

Uban sang pemberi peringatan

أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُم مَّا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَن تَذَكَّرَ وَجَآءَكُمُ ٱلنَّذِيرُ ۖ فَذُوقُوا۟ فَمَا لِلظَّـٰلِمِينَ مِن نَّصِيرٍ


"...dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepadamu pemberi peringatan? Maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun." (QS Fathir: 37)


Sesungguhnya perasaan aneh yang muncul ini agak kurang pas, karena orang-orang di sekitar saya sudah banyak yang beruban. Suami saya sudah banyak ubannya. Adik saya bahkan sejak masih usia awal 20-an sudah beruban. Tapi saya sama sekali tidak berpikir untuk beruban di usia 33 tahun. Padahal dulu saya sempat mengira tidak akan berumur panjang karena penyakitan 😅. Namun yang saya syukuri adalah bahwa saya menyadari uban ini adalah pemberi peringatan bahwa waktu saya di dunia semakin berkurang. 

Kalau membaca ayat di atas dengan lengkap, rasanya mengerikan sekali kalau nanti di akhirat saya meminta kepada Allah untuk dihidupkan kembali ke dunia dan berharap bisa memperbaiki keadaan. Meski belum membaca tafsirnya, tapi dengan terjemahannya saja sudah cukuplah bahwa 3 helai uban ini adalah peringatan dari Allah untuk saya bahwa sedikit lagi waktu saya di dunia akan habis.

Uban sebagai cahaya di hari kiamat

Photo by asim alnamat

Dari Amr bin Syu'aib, dari ayahnya, dari kakeknya, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,

لَا تَنْتِفُوا الشَّيْبَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَشِيبُ شَيْبَةً فِي الْإِسْلَامِ إِلَّا كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَة

"Janganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang memiliki sehelai uban, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti." (HR. Abu Daud)

Dalam riwayat lain disebutkan,

أنه نور المؤمن

"Sesungguhnya uban itu cahaya bagi orang-orang mukmin."

Ka'b bin Murrah berkata,"Saya pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ شَابَ شَيْبَةً فِي الإِسْلامِ كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

"Barangsiapa yang telah beruban dalam Islam, maka dia akan mendapatkan cahaya di hari kiamat." (HR.  Tirmidzi)

Setidaknya, saat ini saya punya 3 helai cahaya yang bisa menerangi jalan nanti di hari kiamat. Cahaya lainnya mungkin bisa saya upayakan melalui amalan-amalan lain. 

Uban tanda kewibawaan

Bagian ini agak meragukan 😁. Saya menyadari di usia yang sudah 33 ini saya masih sangat kekanak-kanakan. Tapi lagi-lagi yang saya syukuri kali ini adalah saya menyadari bahwa seharusnya saya sudah bisa bersikap selayaknya manusia yang berwibawa dan layak dihormati orang-orang yang lebih muda. Sudah seharusnya saya berhenti sok muda, karena nyatanya saya sudah beruban.

Dari Sa'id bin Musayyib, berkata:

كام ابراهيم أول من ضيف الضيف وأول الناس كَانَ إِبْرَاهِيمُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوَّلَ النَّاسِ ضَيَّفَ الضَّيْفَ وَأَوَّلَ النَّاسِ اخْتَتَنَ وَأَوَّلَ النَّاسِ قَصَّ الشَّارِبَ وَأَوَّلَ النَّاسِ رَأَى الشَّيْبَ فَقَالَ يَا رَبِّ مَا هَذَا فَقَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَقَارٌ يَا إِبْرَاهِيمُ فَقَالَ يَا رَبِّ زِدْنِي وَقَارًا

"Ibrahim adalah orang pertama yang menjamu tamu, orang pertama yang berkhitan, orang pertama yang memotong kumis, dan orang pertama yang melihat uban lalu berkata: Apakah ini wahai Tuhanku? Maka Allah berfirman: kewibawaan, wahai Ibrahim. Ibrahim berkata: Wahai Tuhanku, tambahkan aku kewibawaan." (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad)

Maka saya pun ingin melantunkan doa yang sama kepadaMu ya Allah, ya Hakam. Tambahkanlah kebijaksanaan dalam diriku...

Yang berat adalah istiqomah

Surat Hud, terutama ayat 112 menurut riwayat dikabarkan sebagai ayat yang terberat bagi Rasulullah ﷺ hingga membuat beliau beruban. Tentang istiqomah ini, sejak pertama kali saya mempelajari hadits tentangnya pun ia menjadi motto hidup bagi saya. Dan memang seberat itu untuk tetap istiqomah dalam ketaatan.

Yang saya syukuri dari kesulitan-kesulitan menghadapi hawa nafsu diri dan godaan syahwat adalah kesadaran ketika berbuat maksiat. Setidaknya saya masih sadar setiap kali berbuat salah, bahwa yang saya lakukan itu adalah sebuah kemaksiatan. Saya tidak pernah mencari-cari alasan atau pembenaran apapun atas kedurhakaan yang saya lakukan. Saya berharap kesadaran ini tidak pernah hilang dari hati, dan semoga saya bisa terus berupaya untuk meninggalkan hal-hal yang membuat Allah menahan rahmatNya untuk saya.

Sembari menulis postingan ini, saya pun sedang membaca sebuah artikel di muslimmatters.org dan mencoba merefleksikan pesan dalam artikel tersebut ke dalam diri saya pribadi. Rasulullah ﷺ, memiliki hubungan yang begitu kuat dengan Al-Qur'an hingga turunnya wahyu bisa memberi dampak yang sangat besar kepada beliau. Bukan hanya dari mental dan kepribadian, tapi juga fisiknya. Bagaimana sebuah surat terasa sangat berat pesannya beliau terima, hingga tumbuh uban di kepalanya.

Di sisi lain, beliau adalah seorang ayah, suami dari banyak istri, pemimpin umat dan dengan urusan yang membuatnya sibuk itu bukanlah hal-hal tersebut yang membuatnya menua. Seringkali ketika orang lain mengatakan sesuatu tentang kondisi fisik saya yang sebenarnya dari dulu memang kurus-kurus saja, saya menjawab respon tersebut dengan alasan-alasan sederhana. Banyak pikiran, sedang sibuk, dan lain-lain. Tapi, bagi Rasulullah ﷺ bukanlah urusan-urusan besar yang harus dihadapinya yang membuat beliau menua dan beruban. Adalah surat Hud dan saudara-saudaranya yang terasa berat sehingga membuat beliau menua.

Sembari mengingat kembali pesan tadabbur surat Al-'Alaq yang beberapa pekan ini saya pelajari. Bahwa Al-Qur'an ini turun dengan beban, dengan usaha yang berat dan bukan dengan kenyamanan dalam istana mewah. Maka mengemban amanahnya adalah sebuah usaha berat yang butuh kekuatan besar. Kadang saya berpikir, kebaikan apa yang pernah saya lakukan sampai-sampai Allah berikan salah satu ilmu tentang Al-Qur'an ini kepada saya. Apakah ada kesalihan dari leluhur saya yang terwariskan kepada saya? Atau apakah ini adalah jawaban dari kekurangajaran saya ketika masih remaja, menuntut kehadiran Allah dalam perjalanan hidup saya?

Apapun itu, saya ingin mengingat uban ini dengan kesyukuran. Bahwa saya di usia 33 tahun ini adalah seseorang yang bisa berbicara tentang Tuhan dengan lebih beradab. Membatin, berbisik memanggilNya dengan harap dan takut. Bukan lagi bocah 13 tahun yang mempertanyakan keberadaanNya, menuntut bimbinganNya, dan mengancam kekuasaanNya. Oh, alangkah memalukan saya 20 tahun yang lalu 😢.


Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Zuzu Syuhada • Theme by Maira G.