SLIDER

Preface & Introduction

Kata Pengantar

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya, memohon pertolongan-Nya, memohon ampunan-Nya, dan memohon hidayah-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan jiwa kami dan kejahatan perbuatan kami. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya. Dan barangsiapa yang dibiarkan-Nya tersesat, maka tidak ada yang dapat memberi petunjuk kepada mereka. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sesuai dengan hak-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim. Wahai manusia, bertaqwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, lalu Dia menciptakan daripadanya pasangannya, dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan selalu berkata benar. Dia akan mengarahkanmu untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang benar dan akan mengampuni dosa-dosamu. Dan barangsiapa yang menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mencapai kemenangan yang besar.

Photo by Daiga Ellaby on Unsplash

Pendahuluan

Gambaran umum tentang kondisi anak-anak dan keluarga di dunia saat ini membuat orang bingung dan sedih. Struktur keluarga berantakan, dengan perceraian, perpisahan, orang tua tunggal, dan keluarga tanpa ayah menjadi hal yang lumrah, bukan keanehan. Teknologi telah menyebabkan keluarga menghabiskan lebih sedikit waktu bersama dibandingkan dengan titik mana pun dalam sejarah. Anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu untuk menonton program televisi dan bermain game komputer (lebih dari 20 jam per minggu) dibandingkan dengan percakapan yang bermakna dengan orang tua mereka (kurang dari 30 menit per minggu). Para ibu memasuki dunia kerja dalam jumlah yang terus meningkat, sering kali meninggalkan anak-anak mereka yang masih kecil dalam pengasuhan orang asing untuk waktu yang lama. Daftarnya tak ada habisnya.

Tren yang paling signifikan dalam keluarga saat ini adalah penurunan moral dan nilai-nilai dasar. Amoralitas menjadi cara hidup yang dapat diterima dan akrab bagi masyarakat. Perselingkuhan, perjudian, konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang, hubungan pranikah dan di luar nikah, dan lainnya telah menjadi norma di banyak negara di dunia. Dalam kaitannya dengan anak-anak dan keluarga, ketidaktaatan (disobedience), penipuan (deceit), dan ketidakhormatan (disrespect) adalah Three dangerous Ds di era ini. Anak-anak dan remaja tidak lagi menganggap penting atau perlu untuk mematuhi dan menghormati orang tua mereka. Mereka akan tidak taat atau menipu untuk menyenangkan teman-teman mereka atau untuk mendapatkan kesenangan duniawi. Mereka melakukan hal ini tanpa berpikir panjang atau merasa bersalah. Ini adalah masalah yang berbahaya dan tidak menyenangkan yang harus ditanggapi dengan serius.

Sayangnya, keluarga Muslim tidak kebal terhadap kekhawatiran dan fenomena ini. Banyak Muslim di Barat bergumul dengan isu-isu ini setiap hari. Dan, ketika globalisasi menancapkan giginya di setiap bagian bumi, Muslim di seluruh dunia terkena dampak yang lebih besar. Meskipun globalisasi sebenarnya adalah istilah yang dimaksudkan untuk menggambarkan kekuatan ekonomi, namun globalisasi memiliki dampak yang luas pada struktur sosial dan moral masyarakat. Bangsa-bangsa tidak hanya mengimpor barang dan jasa, tetapi mereka juga membawa cita-cita, nilai, dan moral yang sering kali bertentangan dengan kepercayaan dan praktik tradisional masyarakat. Rute utama transmisinya adalah media, termasuk televisi, internet, dan majalah. Seorang anak di belahan dunia lain terpapar dengan materi yang mematikan pikiran, tidak bernilai, dan merusak moral yang sama dengan anak di Amerika. Ketika anak-anak dan remaja berebut untuk menjadi 'kebarat-baratan', generasi yang lebih tua berjuang untuk mempertahankan identitas etnis, budaya, dan agama mereka. Hal ini tak pelak lagi menimbulkan berbagai macam konflik antargenerasi dan, tentu saja, three dangerous Ds.

Kekhawatiran yang paling signifikan adalah dampak dari peristiwa-peristiwa ini terhadap nilai-nilai Islam dalam keluarga dan masyarakat; karena nilai-nilai inilah yang paling menderita. Kekhawatiran jangka panjangnya adalah bahwa setiap generasi, nilai-nilai ini akan menjadi semakin lemah. Bukan hal yang aneh di negara-negara Muslim, misalnya, untuk melihat remaja laki-laki dan perempuan nongkrong bersama di mal: gadis-gadis tanpa penutup kepala, berdandan lengkap dan memakai parfum. Anak laki-laki dan perempuan berkomunikasi bersama melalui ruang chatting Internet, email, dan smartphone. Merokok, penggunaan narkoba, dan kenakalan remaja meningkat di banyak negara. Tingkat penyakit yang lebih tersembunyi, seperti hubungan tidak sah, tidak diketahui.

Solusinya

Kita semua sudah tidak asing lagi dengan gambaran-gambaran tersebut; namun fokus buku ini bukan pada masalahnya, melainkan pada solusinya. Karena solusi untuk penyakit dan masalah sosial ini ada di tangan dan hati setiap Muslim. Solusi itu ada dalam jangkauan dan dapat dicapai dengan dedikasi yang tulus. Jawabannya, tentu saja, adalah Islam dan kembali kepada prinsip-prinsip yang mulia dan terhormat dari cara hidup ini. Ini adalah, pada kenyataannya, satu-satunya solusi yang nyata dan layak; karena telah ditetapkan oleh Tuhan dan Pencipta kita, yang mengenal kita lebih baik daripada kita mengenal diri kita sendiri. Solusi lain yang telah dicoba telah gagal mencapai tujuannya.

Ini bukanlah gagasan atau usulan baru, karena orang-orang sejak awal umat manusia telah mengusulkan hal yang sama. Para nabi, orang-orang saleh, dan para cendekiawan sepanjang sejarah telah menyeru manusia kepada makna dan tujuan hidup yang sebenarnya dan memperingatkan mereka tentang penipuan yang ada di dalamnya. Buku ini dimaksudkan untuk mengulangi seruan untuk memperbaharui dan kembali kepada nilai-nilai Islam yang abadi dan cara hidup Islam yang kekal. Ini adalah satu-satunya obat sejati untuk semua penyakit sosial yang ada di dunia saat ini; satu-satunya perlindungan yang tegas terhadap Setan. Penyimpangan dari hukum-hukum Allah hanya akan membawa kehancuran dan kekacauan, sementara pemulihan cara hidup-Nya akan membawa keharmonisan dan stabilitas yang sangat dibutuhkan. Tantangannya adalah membujuk setiap orang untuk meminum obatnya, karena hal ini membutuhkan usaha dan komitmen yang sungguh-sungguh. Selain itu, ini adalah proses pengobatan seumur hidup yang tidak akan berakhir sampai saat kematian.

Fokus dari buku ini adalah untuk membina generasi penerus dan menanamkan nilai-nilai Islam dan Iman kepada mereka sejak usia dini. Mereka yang telah mengambil obat sejak lahir tidak akan merasa sulit atau aneh untuk melanjutkannya sepanjang hidup mereka. Hal ini akan secara alami mengalir dan berkembang seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan seseorang melalui setiap fase kehidupan. Pada kenyataannya, anak-anak memiliki benih yang sangat istimewa dalam diri mereka yang dikenal sebagai fitrah. Fitrah adalah kecenderungan bawaan untuk mengenal Allah, percaya pada keesaan Allah, dan mengembangkan iman. Benih-benih iman telah tertanam dan hanya perlu dipupuk dengan penuh kasih sayang agar tumbuh menjadi tanaman yang indah dan berbunga. Untuk itulah buku ini diberi judul Menumbuhkan Keimanan pada Anak.

Diharapkan juga bahwa selama proses ini, mereka yang mencoba untuk memberikan pengobatan akan belajar dan bertumbuh dalam Islam. Orang pada umumnya belajar paling banyak dengan mengajari orang lain, dan ini adalah salah satu hasil yang paling signifikan dari pengasuhan anak. Ketika kita melihat anak-anak kita dan berpikir ingin mereka menjadi apa dan bagaimana dikemudian hari, pertanyaan-pertanyaan ini juga akan muncul mengenai diri kita sendiri. Ketika kita melihat mereka meniru perilaku kita, kita harus bertanya apakah ini yang kita inginkan dari anak-anak kita. Apakah ini perilaku yang terbaik bagi kita sebagai orang dewasa? Apa yang benar-benar kita inginkan untuk anak-anak kita dan keluarga kita di dunia dan di akhirat?

Buku ini bukan sekadar buku tentang pengasuhan anak dari sudut pandang Islam, karena sudah banyak buku semacam itu yang tersedia. Ini bukan buku tentang bagaimana menjadi seorang Muslim, karena sebagian besar dari kita sudah mengetahui hal ini. Kita semua tahu bagaimana cara berpuasa, shalat, zakat, dan sebagainya. Namun, buku ini adalah sebuah upaya untuk mendidik para orang tua tentang bagaimana membawa anak-anak mereka dan diri mereka sendiri ke tingkat berikutnya. Tingkat berikutnya adalah tingkat iman: keimanan, pengabdian yang tulus kepada Allah, dan rasa takut kepada Allah. Ini adalah upaya untuk mempengaruhi hati dan jiwa setiap Muslim, karena penguatan iman dan hati adalah satu-satunya perlindungan terhadap kejahatan masyarakat dan bisikan setan. Ini adalah panggilan untuk mengajar anak-anak kita bagaimana menjadi orang beriman yang sejati dan bukan hanya sekedar Muslim secara nama. Kita harus mendidik mereka tentang apa arti sebenarnya dari beriman kepada Allah, memahami makna tauhid, dan sadar akan Allah dalam setiap keputusan dan tindakan. Impian kami untuk mereka adalah menjadi penyeru Islam yang teladan, pencari ilmu yang tulus, tentara yang tak kenal takut, pembaharu masyarakat, istri yang salihah, dan ibu yang penuh perhatian.

Keimanan yang tulus inilah yang akan menuntun orang-orang yang beriman untuk menerapkan Islam secara menyeluruh dalam kehidupan: dalam diri mereka sendiri, dalam keluarga mereka, dan dalam masyarakat. Penerapan ini akan mengarah pada pemulihan nilai-nilai dalam masyarakat dan kembali kepada perdamaian sejati yang diwakili oleh Islam.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Zuzu Syuhada • Theme by Maira G.