Menikmati Ragam Kopi Nusantara di El's Coffee House

December 08, 2017
Agak tergesa saya memasuki pelataran El's Coffee House di Kupang Teba Teluk Betung, karena sudah terlambat dari jadwal yang ditentukan. Setengah jam perjalanan dari rumah ternyata belum cukup untuk memburu waktu pembukaan acara Launching El's Creative Hub yang diadakan hari ini. Sesampai di sana, bapak M. Yusuf Kohar wakil walikota Bandarlampung terlihat sedang memberikan sambutan.

Sempat terbengong-bengong karena kebingungan di antara kerumunan orang di halaman, saya kemudian diarahkan untuk duduk dan menyimak acara yang sedang berlangsung. Rupanya selain launching El's Creative Hub, sedang ada lomba pembuatan game dan workshopnya. Salah satu game yang dipamerkan untuk dicoba adalah Finding El's Coffee. Konsepnya mirip-mirip Super Mario, tapi yang dituju adalah El's Coffee. Setelah selesai mengikuti acara di halaman kafe, penjelajahan ke dalam El's Coffee House pun saya mulai.



Begitu memasuki kafe ini, aroma kopi langsung tercium kuat. Membuat saya langsung teringat suami. #eh Di samping pintu masuk, ada sebuah mesin roaster berukuran besar menyambut saya. Cukup mengesankan meskipun sayangnya mesin tersebut sedang tidak digunakan. Padahal saya sudah membayangkan melihat mesin roaster asli yang selama ini cuma bisa saya tonton di iklan-iklan kopi di televisi. Karena kondisi di dalam kafe sedang sangat ramai, saya cukup kesulitan untuk mengambil gambar.

Di bagian kanan berdiri berbagai macam toples berisi kopi dengan macam-macam nama. Dari varian robusta ada Lanang, Java Mocha, Flores, Pagar Alam dan Lampung. Untuk Arabica ada Toraja, Aceh Gayo, Kintamani, Mandheling, Gunung Ijen, Pangalengan, Flores Bajawa, Wamena dan Takengon Long Berry. Selain itu ada satu yang spesial yaitu Luwak --of course--, El's Coffee Blend dan Lampung Gold. El's Coffee Blend merupakan perpaduan antara kopi Robusta dan Arabica, if I'm not mistaken. Bagi saya yang tidak mengerti apa-apa tentang kopi sih, semua seperti sama saja. Tapi yang suka sekali dengan kopi, tentu bisa membedakan mana yang Robusta dan Arabica.


Bagi penyuka kopi, pastilah sudah tahu bahwa provinsi Lampung adalah salah satu daerah penghasil kopi terbaik di negeri ini. Elkana, owner El's Coffee House sepertinya ingin mengenalkan kopi kepada masyarakat luas dengan membuat El's Creative Hub. Dari yang saya simak, ada banyak sekali kegiatan yang akan diluncurkan untuk mendukung niat itu. Salah satunya adalah mengajak masyarakat untuk belajar tentang kopi setiap tiga bulan sekali. Di situ, kita akan dikenalkan lebih banyak tentang kopi, dari filosofinya sampai cara meracik kopi.

Mengembangkan bisnis berbasis budaya lokal memang menarik. Selain bisa mengangkat kearifan lokal, hal itu juga mampu melestarikan budaya daerah. El's Coffee mampu membaca potensi Lampung sebagai penghasil kopi hingga dikembangkan sedemikian menarik dan mampu memikat banyak pengunjung bukan hanya di Lampung sendiri namun juga daerah lain.

Dengan kepedulian yang luar biasa terhadap potensi lokal daerah Lampung itu, saya rasa tidak heran jika El's Coffee kemudian banyak mendapat apresiasi dari berbagai macam kalangan terutama pemerintah. Saya sempat melihat liputan tentang bapak Elkana di koran dan majalah yang sudah dipigura dan ditempel di dinding kafe.

Selain di Lampung, El's Coffee juga sudah ada di Palembang, Padang dan Jakarta. Dengan membawa ragam kopi nusantara sebagai ikon promosinya, El's Coffee tentu saja menjadi tujuan bagi wisatawan yang ingin menikmati produk hasil bumi Indonesia yang sudah mendunia ini. Nah, di Bandarlampung sendiri sudah ada beberapa cabang El's Coffee ini. Tapi saya rekomendasikan untuk berkunjung ke El's Coffee House yang ada di Jl. M.S Batubara 134A, Teluk Betung untuk pengalaman menikmati kopi yang lebih menarik. Karena selain interiornya yang cantik, lokasinya juga cukup nyaman.
Powered by Blogger.