Welcome (again), AdSense

October 16, 2017

Beberapa waktu lalu saya iseng mendaftarkan blog ini ke Google Adsense. Saya pikir tidak ada salahnya, mencoba sesuatu yang bisa membuat saya lebih bersemangat untuk terus menulis. Toh pembaca blog ini juga tidak akan terganggu kan dengan sedikit iklan?! 😃 Tapi belum sempat memasang iklan atau macam-macamnya, tiba-tiba akun adsense saya sudah dibanned dengan alasan terjadi invalid traffic. Tentu saja saya bingung, karena saya merasa tidak melakukan kesalahan apapun. Lalu saya pun mulai browsing untuk mencari jalan keluar dari masalah ini, karena jujur saja saya agak panik karena akun adsense tersebut juga saya tautkan dengan Channel Youtube saya. Otomatis penghasilan dari Youtube juga tidak bisa masuk kalau akun adsense-nya dibanned.

Akhirnya setelah beberapa kali muter-muter mencari referensi yang pas untuk mengatasi masalah, saya berhenti di sebuah blog yang penjelasannya mudah dimengerti. Maklum, sebelumnya saya sama sekali tidak mengerti urusan google dengan segala cabangnya itu. Dan mengikuti saran dari blog tersebut, saya pun memutuskan untuk mengajukan banding. 

Sebelum mengajukan banding, saya mencoba mengingat-ingat apakah ada traffic yang tidak wajar pada blog beberapa hari belakangan. Lalu saya coba ingat-ingat, dan akhirnya menyadari bahwa pernah suatu hari pengunjung blog sangat banyak melebihi hari biasanya. Tapi saya beranggapan itu karena saya baru saja memposting tulisan baru, sehingga saya tidak mencurigainya. Dan besoknya, saya langsung mendapat email dari Google bahwa akun adsense saya dinonaktifkan. Bermodal dari ingatan itulah saya mengajukan banding.

Dalam email yang dikirim google terdapat link untuk mengajukan banding, kalau dibuka kita akan dibawa ke sebuah formulir banding. Isi semuanya dengan lengkap dan tepat. Saya tidak akan merinci bagaimana cara mengisi per kolomnya, tapi hanya akan fokus pada pertanyaan ke-lima sampai tujuh. 

Pertanyaan ke-5; Bagaimana pengguna bisa sampai ke situs, aplikasi seluler, dan/atau saluran Youtube Anda? Bagaimana cara Anda mempromosikan konten?

Saya jawab : Saya membuat konten-konten yang saya sukai dan mengenai bagaimana pengguna bisa sampai ke situs saya, saya biarkan itu terjadi secara alami.

6. Apakah Anda atau situs, aplikasi seluler, dan/atau channel Youtube Anda pernah melanggar kebijakan program atau Persyaratan & Ketentuan AdSense? Jika ya, bagaimana pelanggaran itu terjadi?

Jawablah dengan jujur, pernahkah situs kalian mendapat teguran dari google terkait dengan ketentuan Adsense. Saya jawab tidak pernah, karena memang tidak pernah.

7. Apa alasan aktivitas tidak valid di situs, aplikasi seluler, dan/atau channel Youtube Anda? Berikan informasi terperinci tentang semua alasan spesifik yang Anda yakini relevan dengan kasus Anda.

Nah ketika mengisi bagian ini terus terang saya agak bingung karena saya memang sama sekali tidak mengerti dengan apa yang terjadi dengan blog saya. Tapi akhirnya saya memutuskan untuk menyampaikan dugaan saja bahwa blog saya sudah mendapat traffic yang tidak wajar sejak setelah saya mengupload postingan terbaru. Meskipun ragu, saya sampaikan bahwa saya sama sekali tidak mengerti dan hanya menduga itulah yang menjadi penyebab akun adsense saya dibanned.

Oh iya, walaupun semua pertanyaan di formulir itu berbahasa Indonesia, tapi kita harus jawab dengan bahasa Inggris. Jangan terlalu khawatir dulu ya, Google Translate sekarang kwalitasnya sudah semakin bagus kok. Asalkan kita mengetikkan kalimat dengan pola yang benar dan baku, hasil terjemahannya saya lihat sudah cukup lumayan. Jauh berbeda dengan yang dulu.

Butuh waktu agak lama menunggu balasan dari Google. Saya bahkan sudah berencana melupakan adsense dari daftar wishlist income karena dari berbagai informasi yang saya baca di internet. Jika satu akun sudah dibanned oleh google akan sulit kembali. Tapi alhamdulillah akhirnya beberapa hari yang lalu saya mendapatkan email selamat datang lagi dari adsense, dan iklan juga sudah mulai tayang di blog ini. Nah, untuk kalian yang mengalami masalah serupa seperti saya dan ingin mengatasinya mungkin kalian akan terbantu dengan informasi yang ada di blog ini. Semoga berhasil ya 😊
Powered by Blogger.