Tetap Menikmati 'Buku Lama'

April 02, 2013
Era digital kini memberi banyak kemudahan bagi kita. Segala macam berita atau informasi apapun dapat kita akses dalam waktu sekejap dengan hanya membuka PC atau gadget tertentu. Pun dalam memenuhi dahaga intelektual, kini ada buku digital yang memudahkan kita sehingga tak perlu membawa tas berat yang sarat muatan buku. Cukup klik, maka buku dengan tebal hingga ratusan bahkan ribuan halaman akan dapat kita baca dengan mudah.

Namun bagi saya, membaca buku dalam format digital atau elektronik itu sangat menyiksa. Bahkan sebelum mata saya divonis menderita Asigmatic-Eye, saya tak pernah antusias jika diberi e-book. Saya terkadang heran, bagaimana caranya orang-orang menyelesaikan tugas baca buku dengan membacanya di laptop atau Ipad. Karena bagi saya, membaca e-book itu tak ada sensasinya. Saya tidak bisa mendengar suara gesekan kertas ketika membolak-balik halaman dengan perlahan, dan tentu saja perih di mata karena harus fokus pada layar monitor.

Selama ini, saya belum pernah khatam membaca buku dengan format digital yang saya miliki. Pernah saya sangat tertarik pada Sarinah-nya Soekarno yang 6 jilid itu, setelah di download saya bahkan tidak berhasil mengkhatamkan jilid 1 karena malas. Tidak bernafsu menamatkan, padahal isinya sangat menarik. Belum lagi bertemu dengan Capita Selecta yang juga tak kalah tebal. Sedih sendiri saya, karena buku-buku seperti itu sudah sangat langka versi cetaknya, bahkan mungkin sudah tidak cetak lagi. Sementara saya sangat menderita jika membaca e-booknya yang juga masih menggunakan ejaan aslinya; jadoel. Perlu konsentrasi ganda.

E-book atau buku digital memang memberikan banyak kemudahan dari segi akses dan efisiensi. Hal yang tentu saja tidak bisa didapat dari buku versi cetak. Tapi bagi orang yang seperti saya, posisi buku versi cetak tetap tak bisa digantikan. Ada sensasi yang hilang ketika membuka e-book. Tidak seperti ketika membaca buku beneran. Terlebih dengan kondisi mata yang makin rabun.  Rasanya saya akan makin berpikir ulang untuk membaca e-book.
Powered by Blogger.